Review CDN Termurah BunnyCDN

By

Review cdn termurah seharga 1$ (Rp. 14.500) dari Bunny CDN yang kini sudah berganti nama menjadi Bunny.net sejak tanggal 13 january 2021. Yuk simak ulasan nya…

Saya sudah menggunakan CDN dari Bunny ini sejak tahun lalu, dan saya cukup puas dengan service mereka. Biaya yang saya keluarkan juga murah, dengan pemakaian 4.1Gb untuk 5 domain berbeda, saya baru mengeluarkan uang sebesar $0.05 saja, seperti gambar berikut ini

Pemakaian-bunny cdn termurah by-zakansi.net
Pemakaian-bunny-cdn-by-zakansi.net

Apakah itu CDN?

Content delivery network (CDN) mengacu pada sekelompok server yang tersebar secara geografis. Mereka bekerja sama untuk menyediakan pengiriman konten Internet yang cepat.

Jadi, ketika kita membuat sebuah website dengan lokasi hosting umpama nya di Singapore, maka website tersebut dapat Kita akses dengan cepat oleh orang di belahan dunia manapun dengan menggunakan cdn.

Bayangkan, jika tidak menggunakan cdn, maka orang dari amerika sana untuk membuka website dari singapore tentu membutuhkan waktu lebih lama daripada kita di Indonesia.

Promo terbatas guys, buruan nih sikat : Daftar VPS Gratis 100 Ribu

Dengan CDN, maka konten kita di provide atau disalurkan dari beberapa lokasi server sekaligus yang kita sesuaikan dengan lokasi pengunjung website kita. Misalkan, ketika orang Indonesia mengakses website kita, maka content web nya akan kita download dari lokasi server terdekat dengan Indonesia.

Tapi, ketika orang Amerika atau Eropa mengunjungi website kita, maka mereka akan mendownload kontek website dari server terdekat dengan wilayah mereka.

Untuk itulah, kita butuh jasa dari CDN, sehingga website kita dapat diakses 0leh semua orang dengan cepat. Nah, sekarang mari kita simak pilihan CDN apa saja yang ada di pasaran. Sebagian menawarkan free cdn seperti cdn cloudflare.

Review CDN termurah 2021

Ada banyak pilihan cdn di luar sana yang tentu nya menyediakan harga beraneka ragam. Cloudflare, KeyCDN, MaxCDN, BunnyCDN adalah nama-nama cdn provider yang sudah terkenal.

Tapi, saya hanya akan fokus pada salah satu nama saja yaitu BunnyCDN. Betul, inilah review CDN termurah yang bisa saya katakan saat ini.

Saya pilih BunnyCDN karena harganya sangat murah sekali, dengan minimum payment $1 per bulan.

Berbeda dengan cdn lain, yang rata-rata minimum payment nya adalah $4 per bulan. Mari kita lihat berapa harga per quota yang diberikan oleh Bunny CDN ini :

harga bunny cdn termurah by-zakansi.net
harga-bunny-cdn-by-zakansi.net

Saat tulisan ini dbuat, 16 januari 2021, harga per quota nya adalah sebagai berikut:

  • Europe & North America : $0.01/GB alias Rp. 140.43/GB
  • Asia & Oceania : $0.03/GB alias Rp. 421.3/GB
  • South America : $0.045/GB alias Rp. 631.93/GB
  • Middle Eeast & Africa : $0.03/GB alias Rp. 842.57/GB

Jadi, kalau misalkan kita ambil semua lokasi tersebut untuk menyimpan konten website kita, rata-rata harganya adalah $0.03625/GB atau sekitar Rp. 510/GB.

Seandainya website kita memiliki traffic yang cukup sekitar 25GB/bulan maka pengeluaran yang kita butuhkan adalah $0.9/bulan.

Tapi, karena minimum payment adalah $1/bulan maka kita cuma membayar $1/bulan atau sekitar Rp. 14.500 saja!

Bandingkan dengan CDN provider lain yang minimum payment nya $4/bulan, tentu sangat jauh sekali.

Review Bunny CDN Termurah

1. Cara Pendaftaran

Pendaftaran bunny untuk review cdn termurah tentunya dengan mengunjungi website resmi nya bunny.net lalu klik tombol di kanan atas Get Started.

pendaftaran untuk review bunny cdn termurah by-zakansi.net
daftar-bunny-cdn-by-zakansi.net

Anda akan mendapatkan layanan gratis selama 14 hari, tanpa harus bayar.

2. Tambah Pull Zone

Pullzone ini adalah zona dari cdn website kita, misalkan website zakansi.net itu ingin didaftarkan di zona mana saja, silakan buat sesuai keinginan.

add pull zone untuk review bunny cdn termurah by-zakansi.net
add-pull-zone-bunnycdn-by-zakansi.net

Silakan isi kolom yang bunny sediakan, dengan catatan seperti berikut :

  1. Name diisi sesuai dengan nama website dengan kombinasi huruf dan angka, agar unik dari pengguna lain. Sebagai contoh, saya isi dengan zakansinet
  2. Origin url diisi sesuai alamat web, misal https://www.zakansi.net
  3. Standard Tier atau High Volume Tier. Silahkan pilih Standard Tier jika website Anda masih tergolong sepi pengunjung, tapi jika pengunjung harian sudah lebih dari ribuan visitor per hari, silakan pilih High Volume Tier. Perbedaan kedua nya adalah pada sisi harga dan lokasi server. Standard Tier memiliki harga lebih mahal yaitu $10/TB tapi lokasi server lebih banyak. Sedangkan High Volume Tier memiliki harga lebih murah yaitu $5/TB tapi lokasi server nya terbatas.
  4. Pricing zones. Jika Anda memilih standard tier, maka ada pilihan untuk pricing zones. Ini adalah lokasi server yang kita pesan untuk menyimpan konten website kita. dalam hal ini saya pilih semua nya saja, karena saya ingin website ini dapat diakses seluruh dunia dengan cepat.

3. Integrasi dengan Website

integrasi-bunnycdn untuk review cdn termurah -dengan-website-by-zakansi.net
integrasi-bunnycdn-dengan-website-by-zakansi.net

Tahap selanjutnya adalah integrasikan bunny cdn termurah dengan website kita. Sebagai contoh, web www.zakansi.net ini menggunakan wordpress, sehingga integrasi nya dengan menginstall plugin BunnyCDN.

Caranya adalah masuk ke menu Plugins – Add New lalu cari BunnyCdn. Setelah terinstall, silakan masukkan hostname sesuai dengan isian di langkah 2 diatas, sebagai contoh saya isi zakansinet, seperti gambar berikut ini :

hostname-bunny-untuk review cdn termurah -by-zakansi.net
hostname-bunny-cdn-by-zakansi.net

4. Perma-cache

Bunny CDN memiliki fitur bermanfaat bernama Perma-cache. Simak penjelasan nya berikut

Sistem Perma-Cache menghubungkan lingkungan penyimpanan yang direplikasi bunny.net ke server asal Anda dan secara otomatis menarik dan secara permanen menyimpan file Anda di seluruh jaringan penyimpanan global kami. Hal ini memberikan kinerja yang tak tertandingi saat mengakses file yang tidak di-cache dan menjamin kinerja dan keandalan yang sangat baik di mana pun pengguna Anda berada.

Silakan aktifkan untuk mendapatkan manfaat nya.

5. Security bunny cdn termurah

  Fitur penting lain nya adalah Security. Kita tentunya tidak ingin ada orang tidak bertanggung jawab yang menggunakan traffic dari cdn kita.

Misalkan ada website lain yang menampilkan gambar yang sama dengan gambar di website kita, dengan mencuri bandwidth dari cdn kita, istilah nya adalah hotlinking.

Sehingga, tagihan cdn kita membengkak, melebihi traffic asli ke website kita. Untuk itulah kita butuh fitur security ini, berikut daftar nya:

  1. Block Root Path Access, silakan centang saja ini agar orang tidak dapat mengakses root dari link cdn kita
  2. Blocked Referrers, biarkan saja kosong
  3. Allowed Referrers, nah ini yang harus diisi untuk mencegah hotlinking atau pencurian bandwitdth diatas. Isi misalkan *.zakansi.net dan www.zakansi.net. Kenapa ada * salah satunya? Itu untuk mengijinkan subdomain website kita juga menggunakan cdn yang sama.

6. Optimizer

Bunny Optimizer ini adalah fitur tambahan berbayar dari bunny cdn. Harganya juga relatif mahal yaitu $9.5/bulan.

Saya sih tidak menggunakan fitur tersebut, karena saya sudah menggunakan plugin LitespeedCache alias LSCache yang gratis jika Anda menggunakan hosting dengan server litespeed enterprise.

Jatah image optimizer nya dari LSCache ini juga sangat besar yaitu 10.000 image/bulan, jadi sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan blogging saya, lihat gambar nya berikut :

quic.cloud-lscache-by-zakansi.net
quic.cloud-lscache-by-zakansi.net

7. Custom Hostname

custom-hostname-bunny-cdn-by-zakansi.net
custom-hostname-bunny-cdn-by-zakansi.net

Custom hostname tentu nya lebih branded bagi website kita. Misalkan kita gunakan cdn.zakansi.net daripada zakansinet.b-cdn.net, website kita terlihat lebih professional.

Caranya, adalah dengan membuat dns names baru bertipe CNAME dengan nama cdn dan content zakansinet.b-cdn.net seperti terlihat pada gambar berikut ini, saya pakai dns management dari cloudflare

dns-cdn-bunny-net-by-zakansi.net
dns-cdn-bunny-net-by-zakansi.net

Jangan lupa untuk mengubah nilai hostname di plugin bunnycdn wordpress ya, dengan klik advance terlebih dahulu, gambarnya seperti berikut ini

advance-bunnycdn-plugin-by-zakansi.net
advance-bunnycdn-plugin-by-zakansi.net

Hasil akhir dari settingan CDN ini adalah, website kita sudah menggunakan konten dari cdn, silakan buka browser untuk membuka website.

Lalu, ketik F12 untuk membuka developer options, dan pilih tab network, nanti akan terlihat bahwa website kita sudah menggunakan cdn.

Jika tidak, maka silakan hapus cache atau clear cache website Anda. Contoh untuk website ini, gambarnya adalah:

cdn.zakansi.net
cdn.zakansi.net

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat ya.

7 pemikiran pada “Review CDN Termurah BunnyCDN”

Tinggalkan komentar