Langkah Membuat Website dengan WordPress dan Divi Builder

By

Artikel kali ini adalah kumpulan video tutorial langkah demi langkah untuk membuat website dengan wordpress. Theme yang saya gunakan adalah Divi & Extra. Anda dapat membeli hosting yang sudah termasuk template Divi di link berikut ini. Total ada belasan video yang sudah saya buat, Anda bisa mengikuti nya sesuai dengan kemampuan. Anda juga dapat menggunakan jasa pembuatan website yang terpercaya di digitalwebindo.com. Semoga video-video ini bermanfaat. Selamat menonton.

Baca juga post tutorial lainnya: https://www.zakansi.net/category/tutorial

Langkah Membuat Website

WordPress merupakan Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan dalam membuat website di dunia. Tercatat, lebih dari 30% website di dunia dibuat dengan menggunakan wordpress. Begitu pun dalam video tutorial kali ini, saya akan menggunakan wordpress. Mari kita mulai dari tahap pertama

1. Membeli hosting, domain & setting php


Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membeli sebuah hosting dan domain untuk website kita. Ada banyak pilihan hosting terbaik di Indonesia dan luar negeri.

Jika Anda ingin membuat website sendiri, kebetulan saya sudah mencoba beberapa jasa hosting provider di Indonesia, sudah pindah-pindah tempat, hingga akhirnya saya punya rekomendasi hosting provider yang berkualitas dengan harga yg bagus, dan saya juga sudah bertahun2 pakai jasa nya,

Hosting Premium Unlimited Space : https://www.zakansi.net/go/niagahoster
Hosting Murah : https://www.zakansi.net/go/domainesia
VPS Murah : https://www.zakansi.net/go/vultr

Karena pengalaman saya cukup baik di hosting provider ini, setelah berpindah-pindah hosting mulai dari yang murah dan mahal. Hosting provider ini ideal dari sisi harga dan performance.

Hal penting lainnya adalah setting php. Secara umum setting php standard tidak cukup untuk menggunakan template premium seperti divi. Sehingga, kita perlu ubah beberapa nilai sbb:

  • upload_max_filesize: 32 Mb
  • memory_limit: 128 Mb
  • post_max_size: 32 Mb

2. Install WordPress dan Theme

Kalau web nya sudah terpasang Divi, lanjut ke no 3. Setelah Anda membeli hosting & domain, dan sudah melakukan setting PHP, maka selanjutnya adalah menginstall wordpress dan theme. Video kali ini saya menggunakan theme bernama Divi, karena theme ini mudah untuk digunakan dalam mendesign web. Kemampuan page builder nya sangat bagus untuk membuat website dengan cepat. Anda dapat membeli paket video tutorial ini beserta installer nya di lapak saya.

3. Menggunakan Layout yang Siap Pakai

Kita bisa membuat website mulai dari nol (from the scratch) atau bisa menggunakan layout yang siap pakai. Layout atau tampilan siap pakai ini adalah metode tercepat dalam membuat website, karena kita tinggal pilih layout yang cocok. Ada banyak kategori layout yang sudah disediakan oleh Divi. Total layout yang bisa dipilih adalah ratusan, kita tinggal pilih saja dan ubah gambar & tulisan nya sesuai keinginan kita

 

Cukup 3 video tutorial diatas untuk membuat website dengan cepat. Namun, untuk fitur-fitur lain saya juga sudah menyediakan video tutorial lainnya.

Video Tutorial Lanjutan

Dalam video lanjutan ini, saya akan berikan contoh contoh menggunakan fitur yang ada di theme Divi. Juga ada penggunaan theme Extra bagi Anda yang ingin membuat website bertema majalah atau portal berita.

4. Modul Slider Divi

Slider adalah modul dalam divi yang berfungsi untuk menampilkan informasi gambar atau text yang bisa digeser kiri kanan. Modul slider ini bermanfaat untuk menempilkan informasi penting di bagian atas halaman

 

 

5. Map Dalam Website

Keberadaan map alias lokasi bisa sangat membantu pengunjung jika website kita merupakan website bisnis. Dengan menggunakan map, maka pengunjung bisa dengan mudah untuk mendatangi kantor bisnis kita. Map juga bisa digunakan untuk menginformasi kan lokasi object dalam post yang kita bicarakan.

6. Tombol Chat Whatsapp

Manfaatkan fitur chat whatsapp kita di website dengan menambahkan tombol tersebut. Pengunjung bisa dengan mudah berkomunikasi dengan kita via tombol tersebut.

7. Plugin Bloom Email Optin

Bloom adalah plugin dari elegantthemes untuk email subscription pengunjung. Dengan bloom, pengunjung bisa mendaftarkan email nya di website kita, sehingga jika ada berita baru, mereka mudah mendapatkan notifikasi dari website kita. Contoh penyedia email subscription yang saya gunakan adalah MailChimp karena gratis.

8. Pasang Theme Divi di Localhost

Apakah anda ingin mencoba theme Divi di localhost sebelum membeli hosting? Jika iya, maka video tutorial ini cocok bagi Anda. Cukup dengan menginstall wamp64 maka, komputer atau laptop anda bisa dijadikan web server untuk menginstall wordpress dan theme Divi.

9. Langkah membuat website majalah atau berita

Jika website anda bertipe majalah atau berita, maka theme yang cocok adalah theme Extra. Theme atau template ini memang didesign agar optimal menjadikan website kita sebagai tempat membaca yang menarik. Dari sisi tampilan, theme ini sangat cantik dan memanjakan mata dengan kombinasi gambar dan warna-warna yang cerah.

 

Demikianlah seri video tutorial kali ini. Sebenarnya masih ada beberapa video tutorial saya yang tidak saya tampilkan disini, Anda bisa mengunjungi channel youtube saya untuk melihat nya. Berikut channel youtube saya: https://www.youtube.com/c/zakansi. Semoga video ini bermanfaat bagi Anda semua. Salam.

Cloud Hosting Indonesia

6 pemikiran pada “Langkah Membuat Website dengan WordPress dan Divi Builder”

  1. Halo Mas,

    Salam kenal, Saya user extra, saat menu halaman saya di klik di header (misal: tekno), masuknya ke menu Home ya? cuma di bagian atas tampilan home tersebut, tertulis ” kategori: tekno” (Tapi layout tampilan home)

    Harusnya munculnya seperti di demo, bukan?

    Masuk ke halaman “kategori: Tekno” dan muncul post – post artikel dalam kategori tersebut

    Kira – kira salahnya dimana ya mas?

    Selama ini saya siasatin dulu pake Mega menu 2/3 Tampilan

    Terima kasih,

    Balas
    • Ada pengaturan nya. Masuk ke menu Extra – Category builder. Lalu edit category builder yang jadi homepage tsb, nanti ada di sebelah kanan :
      Layout Usage, berisi 2 opsi untuk dicentang. Untuk centang yg bawah, dihilangkan saja.
      – Use this layout as the home layout?
      – Use this layout as the default layout? ** hapus centang yg ini
      Layout usage

      contoh nya : https://www.dasar.id

      Balas

Tinggalkan komentar